Menulis Review Buku Wow di Instagram

Daftar Isi [Tampil]
    Dulu, orang memiliki instagram kebanyakan hanya membagikan foto-foto koleksinya saja. Saat ini instagram, sebagai media sosial sudah berkembang semakin pesat. Banyak fitur baru ditawarkan untuk memanjakan penggunanya.

    Btw, tulisan ini bukan iklan instagram ya, hehe

    Instagram saat ini juga bisa jadi salah satu media publikasi review buku media publikasi review buku. selain karena kepopulerannya, instagram ternyata memanjakan para penikmat buku, tidak hanya dengan gambar menarik tetapi juga dengan tulisan yang singkat tapi wow.

    Kenapa Harus Instagram?

    Pertanyaan kenapa harus instagram bisa dijawab dengan: karena populer, banyak fitur menarik dan format visual yang mendukung interaksi dengan pembaca.

    review buku di instagram

    Kepopuleran instagram membuatnya memiliki banyak pengguna. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Artinya jangkauannya luas. Kita bahkan bisa berinteraksi dengan pengguna dari berbagai negara sekaligus.

    Instagram dengan fitur-fiturnya memanjakan penggunanya. Jika dulu instagram hanya menyediakan fitur posting gambar dan caption saja yang berbasis teks, maka kini instagram juga menyediakan fitur berbasis video singkat seperti story dan reels, dengan berbagai filternya.

    Jadi, mau menulis review buku di instagram? Cek lanjutan tulisannya berikut ya.

    Menulis Review Buku di Instagram

    Menulis review buku untuk dipublikasikan ke instagram sama seperti menulis review buku di media sosial menulis review buku di media sosial lainnya. Meski demikian, ada beberapa hal yang membedakan instagram dengan media sosial lain. Simak ulasannya berikut ya.

    #1 Kenali Ciri Khas Instagram

    Sebelum menulis review buku di instagram, kita perlu mengenali lebih dulu ciri khas media sosial satu ini. Misalnya ukuran foto yang cocok diupload, kualitas fotonya dan berbagai filter bisa digunakan.

    baca review buku di instagram

    Selain itu, kenali juga cara menulis caption di bawah foto tadi. Berapa karakter yang dapat diunggah hingga hastag yang bisa digunakan. Selain itu, kenalan juga dengan berbagai fitur lain yang mungkin bisa membantu saat menulis review buku.

    #2 Buat Foto atau Video Menarik

    Instagram adalah salah satu media sosial berbasis gambar atau foto. Jadi yang utama diposting ya foto. Meski saat ini instagram juga sudah menyediakan fitur video singkat.

    Nah jika mau mengupload foto di instagram, agar estetik dan mendukung review buku, maka buat foto dengan kualitas tinggi. Kita bisa menggunakan aplikasi edit foto seperti VSCO, Lightroom atau Snapseed. Kita juga bisa memanfaatkan filter bawaan instagram itu sendiri.

    Untuk video, buat juga dengan kualitas yang baik. Pastikan ukurannya sesuai dengan fitur instagram, agar saat diputar, hasilnya juga tetap bagus. Jika foto bisa menampilkan isi buku, maka pada video kita bisa menceritakan juga tentang isi buku yang direview.

    #3 Buat Caption Singkat, Informatif dan Menarik serta Mengajak Interaksi

    Kalau sudah posting foto, saatnya membuat caption di bagian bawah foto. Ingat, karakter yang disediakan instagram terbatas. Kalau mau lebih panjang memang bisa sih dilanjutkan di bagian komentar. Tapi kalau bisa membuat caption singkat, informatif dan menarik, ya kenapa tidak?

    Review buku bisa dimulai dengan perkenalan yang menarik, meliputi judul buku, penulis dan genre. Jangan lupa buat judul yang menarik juga di awalnya. Lalu lanjutkan dengan ringkasan cerita. Tuliskan inti cerita secukupnya saja, dan hindari spoiler.

    Kita juga bisa memberikan pendapat atau pandangan mengenai isi buku itu, dilengkapi dengan kutipan favort yang ditemukan di dalam buku. Ini bisa jadi cara bagus agar pembaca makin tertarik.

    Pada bagian akhir, kita bisa memberikan penilaian secara menyeluruh, rekomendasi buku teresbut akan cocok dibaca oleh siapa saja. Lengkapi juga dengan pertanyaan yang mengajak pembaca untuk berdiskusi.

    #4 Gunakan Hastag yang Tepat

    Ini yang membedakan instagram dengan media sosial lainnya, adanya hastag. Nah sebelum memublikasikan review buku, kita perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang hastag yang bisa digunakan.

    Keberadaan hastag yang tepat membantu agar review buku yang kita tulis menjadi lebih mudah ditemukan. Apalagi kalau misal review buku tadi diikutsertakan pada event tertentu, maka hastag jadi cara penyelenggara acara untuk mengecek postingan yang dibuat.

    #5 Kolaborasi dengan Akun Instagram Lain atau Link Lainnya

    Tips berikutnya saat memublikasikan review buku di instagram adalah kolaborasi dengan akun instagram lain. Kita bisa mention juga akun instagram penulis buku dan penerbit buku, jika ada.

    Kita juga bisa mention akun toko buku resmi tempat pembaca nantinya bisa membeli buku itu. Keberadaan link ini akan mempermudah pembaca mencari yang mereka butuhkan.

    Nah jika kita juga ingin membagikan buku dalam event seperti giveaway atau kontes, saatnya kolaborasi juga akun instagram lainnya. Misalnya dengan sesama bookstagram—sebutan untuk pemilik akun instagram yang suka membagikan review buku—atau dengan sponsor acara tadi.

    #6 Manfaatkan Instagram Stories dan Reels

    Fitur instagram lainnya yang saat ini bisa digunakan adalah instagram stories dan reels. Kita bisa membagikan cuplikan buku, behind the scenes hingga ulasan singkat di instagram stories untuk menarik semakin banyak pengunjung.

    Nah untuk reels instagram, bisa digunakan untuk melengkapi posting review buku tadi. Kita bisa memilih posting di feed instagram seperti biasa, ataupun posting di reels. Karena durasi video yang dapat diunggah di reels ini terbatas, maka pastikan kita membuat video yang cocok, kualitas, durasi hingga ukurannya.

    Penutup

    Demikian tadi beberapa tips menulis review buku di Instagram. Jelas ada kelebihan dan kekurangannya saat menulis di media sosial satu ini. Tapi tentu akan lebih menarik kalau dicoba semua kan?

    Lalu, bagaimana kalau menulis review buku di media sosial berbasis videomenulis review buku di media sosial berbasis video? Cek ulasannya setelah ini ya. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.


    28 komentar:

       
    1. Kalo kita paham betul cara memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram, pasti hasil konten yang kita bagikan bakalan lebih menarik maksimal. Termasuk menulis review buku di Instagram

      BalasHapus
    2. Aku suka banget main Instagram, dan kayaknya seru deh kalau bisa lihat cuplikan buku atau behind the scenes lewat stories. Reels juga bisa jadi cara asyik buat review buku, soalnya durasinya pas buat video singkat tapi tetap menarik. Pasti bakal lebih banyak yang kepoin akun kita nih! 🥳📚📸

      BalasHapus
    3. Banyak juga daku menemukan yang mengulas buku di IG. Seru bacanya, apalagi kalau pas baca komentar dan lihat jumlah likenya.

      BalasHapus
    4. Boleh dicoba nih tipsnya mbak. Tapi saya coba nulis reviewnya aja dulu kali ya. Karena belum pernah nih

      Riviewer buku rekomendasi mbak apa?

      BalasHapus
    5. Dari awalnya hanya posting-posting foto, sekarang instagram bisa apa saja ya, Mbak. termasuk review buku. Dan kalau masukin foto itu ukuran 1X1. dan untunglah di hape sudah ada pengaturan seperti itu. Terus memang penggunakan hastek juga harus tepat.

      BalasHapus
    6. Kalau bikin caption di IG maksimal berapa kata ya? Apa bisa panjang seperti blog?

      Aku biasanya bikin short review buku di IG jadi habis baca langsung dibikin reviewnya biar gak lupa isinya, sekalian ngisi konten di IG.

      BalasHapus
    7. Media sosial Instagram ini memang sangat membantu, tapi sepertinya klo mau review buku, juga musti kasih visual gambar bagus agar menarik, disamping orang-orang betah bacanya juga bisa naikkin follower

      BalasHapus
    8. Dulu Instagram kebanyakan membagikan foto di feed saja ya. Sekarang sudah bergama karena banyak content creator bermunculan dan fitur Instagram yang banyak. Jadi makin seru menggunakan Instagram, apalagi jika bisa dimanfaatkan untuk review buku ya.

      BalasHapus
    9. Saya belum pernah coba sih mereview buku di IG, seeprtinya menarik dan tentunya ada komunitasnya juga kan ya, senangnya baca review buku jadi punya gambaran tentang sebuah buku dan kalau benar-benar tertarik, baru deh cuzz beli bukunya

      BalasHapus
    10. Menulis review buku di instagram kayaknya menarik nih. Beberapa kali kayaknya aku udah buat dah bookstagram. Cuma ya memang belum menarik sih. Hehehee

      BalasHapus
    11. Iya nih jujur Oot aku lebih suka instagram zaman algoritma masih foto, bukan reels kayak sekarang. Cuma ya kadang terbantu juga dengan informasi dari reels tersebut misalnya ulasan buku

      BalasHapus
    12. Di era digital ini, Instagram menjadi platform yang ideal untuk membagikan kecintaan kita terhadap buku. Dengan menulis review buku yang menarik dan informatif, kita dapat menarik perhatian pembaca potensial dan membantu mereka menemukan buku yang tepat untuk dibaca.

      BalasHapus
    13. Wah, aku sepertinya juga ingin mencobanya. Ini hal baru yang seru banget. Terima kasih atas tipsnya ya, mbak.

      BalasHapus
    14. Wah boleh nih pankapan review buku saya di Instagram, hihihi *ngarep* terima kasih tipsnya ya kak!

      BalasHapus
    15. Akun review buku @bacha.santai yang kukelola biar tetap rajin baca nih, berasa banget belum benar-benar memanfaatkan fitur reels. Saking kalau mau buat video tuh masih banyak kendalanya huhu. Tapi buat akun instagram khusus review buku tuh sejauh ini cukup menjanjikan deh.

      BalasHapus
    16. Lebih efektif pakai foto atau video reels ya, Mbak? Lalu untuk tagar (hashtag), cara risetnya gimana ya? Maafkan jadi banyak nanya. Penasaran euy.

      BalasHapus
    17. Setiap kali membaca buku baru, saya biasanya juga membuat review singkat yang saya upload ke Instagram.

      BalasHapus
    18. Jujurly, Instagram termasuk media sosial favorit aku sih. Karena, ada banyak hal yg bisa kita buat termasuk menulis review buku. Apalagi kalo didukung sama foto atau video yang menarik, udah pasti banyak yang tertarik deh.

      BalasHapus
    19. Daridulu pengen banget bikin instagram dengan niche buku dan review2nya gitu, tapi blm kesampaian nih sampe skrg. Pengennya bikin reels gitu yaa, terus bahas soal buku itu. Ah kayaknya menarik nih

      BalasHapus
    20. Banyak loh yg bikin quote2 gt trs dishare di sosmed. Biasanya sih sesuatu yg galau/relate dgn kehidupan tuh yg bikin banyak like/banyak share.

      Ah jd ide buat ternak akun nih. Sharing kalimat2 bgs yg dikutip dr buku. Mantap.

      BalasHapus
    21. Aku termasuk yang memanfaatkan instagram buat review buku, awalnya emang coba-coba, eh lama-lama ketagihan karena sangking banyaknya challenge review buku yang berhadiah, entah ewallet atau wishlit buku impian. :-D

      BalasHapus
    22. Iya, sekarang banyak juga yang mereview buku di Instagram ya
      Biasanya disebut Bookstagram ya kli nggak salah

      BalasHapus
    23. review buku jadi pilihan tepat untuk membuat konten menarik di instagram. apalagi didukung dengan penguasaan teknik seperti tips di atas dan eksekusi yang menarik, jadi auto banyak like dan viewer

      BalasHapus
    24. Sering lihat teman-teman yang mengulas buku di Instagram, istilahnya bookstagram ya kalau ga salah. Tampilannya suka eyes catching dan ulasannya padat dan to the point, jadi langsung ketangkep pesannya

      BalasHapus
    25. Pake Instagram tuh enak banget. Bukan karena populer aja, tapi dia nih user friendly banget. Aku sering lihat postingan tentang review buku di ig.

      BalasHapus
    26. Skrang ini lebih efektif ya kak mereview buku di medsos, karena tiap hari sebagian besar orang lebih pilih buka medsos, apalagi instagram. Banyak juga challenge review buku yang berhadiah yang bisa kita ikuti

      BalasHapus
    27. Keren yaa.. kini ada yang membahas buku menggunakan reels.
      Jadi, sebagai bookwarmer tuh merasa kebantu banget buat masukin list next book yang bakalan dibaca. Selain bikin penasaran, reels ini membuat pengunjung merasa lebih real tergambarkan blurb-nya.

      BalasHapus
    28. Nah iya, saya pernah denger yang namanya Bookstagram. Mereka yang suka review buku di Instagram. Hmmm... boleh ya dicoba review buku di Instagram kalau gitu.

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.