Situs Review Buku Terpercaya: Inspirasi Membaca

Review buku atau resensi buku dapat ditemukan di berbagai media. Contoh media cetak, koran, majalah, blog atau bahkan website khusus yang mengulas buku. Keberadaan review buku penting, karena dapat membantu pembaca atau calon pembaca agar tidak terlalu buta terhadap suatu buku.

situs review buku

Umumnya, review buku menyajikan sejumlah informasi yang diperlukan seperti identitas buku, kekurangan dan kelebihan buku, hingga penilaian secara keseluruhan terhadap suatu buku. Hal ini yang jadi bahan pertimbangan bagi pembaca atau calon pembaca dalam mengambil keputusan.

Situs Review Buku Terbaik

Situs review buku terbaik umumnya menawarkan kritik yang terbuka, rating berdasarkan pembaca, dan komunitas untuk berdiskusi. Situs ini membantu pembaca menemukan calon buku terbaik untuk dibaca. Beberapa situs review buku terbaik seperti Goodreads, LibraryThing, Book Riot, LoveReading, Booklist, dan lain-lain.

Bagaimana agar buku dapat direview pada situs-situs tersebut? Situs tersebut menerima buku-buku yang disubmit oleh penulisnya. Nah nantinya, pembaca bisa menulis review buku tersebut setelahnya. Situs review buku biasanya memiliki aturan tertentu, seperti review yang jujur, mengikuti format selingkung mereka agar mudah dibaca, menghindari bahasa yang kasar, dan lain-lain.

Rekomendasi Situs Review Buku Terpercaya

Tidak ada pembaca dan calon pembaca yang suka menghabiskan uang mereka hanya untuk menelan kekecewaan karena buku yang diperoleh tidak sesuai harapan. Salah satu solusinya adalah mengecek situs review buku sebelum berbelanja. Semakin beragam pendapat yang diperoleh, maka makin yakin saat berbelanja.

infografis situs review buku

Jadi, situs review buku adalah pilihan yang pas untuk membantu sebelum membeli buku, menghindari pembelian yang disesali kemudian. Berikut rekomendasi situs review buku terpercaya.

1. Goodreads

Nyaris setiap pencinta buku kenal dengan situs satu ini. Sebagai komunitas terbesar dari pembaca, penulis dan reviewer di internet, kita bisa menemukan banyak buku di Goodreads. Kita juga bisa bergabung dengan grup pembaca, katalog buku, bergabung dalam diskusi sesama pembaca, dan mengikuti penulis favorit. 

Lebih dari itu, dengan menghubungkan Goodreads dengan akun Kindle, kita juga bisa mengecek perkembangan membaca, mendapat rekomendasi buku secara pribadi, dan bisa menulis review yang dibagikan di Goodreads dan Amazon secara otomatis.

2. Kirkus Reviews

Sudah ada sejak 1933, Kirkus Review adalah salah satu pusat review buku tertua yang memiliki reputasi baik dan review yang adil. Kita bisa mengakses review buku berkualitas dari berbagai genre pada situsnya, dengan cara subscribe email newsletter mingguan gratis, atau subscribe majalah semi bulan berbayar.

Keuntungan utama dari Kirkus Review adalah akses list terbaik dari banyak kategori dan review dari tiap buku ada dalam listnya. Kekurangan Kirkus Review adalah harus berbayar, yang artinya akses terbatas pada review buku bestseller terbaru hanya untuk orang tertentu saja.

3. LibraryThing

Situs satu ini bisa dibilang surganya para pencinta buku, salah satu situs review buku terbaik. Menawarkan pembaca untuk mengeksplorasi review, rating buku dan merapikan koleksnya sesuai genre.

Nilai plus LibraryThing adalah koneksi media sosialnya, kita dapat terhubung dengan sesama pembaca, berbagi koleksi buku, dan berdiskusi tentang bacaan terbaru. Ini adalah tempat nyaman di internet bagi yang suka mentraking proses membaca mereka dan menemukan semangat dari genre favorit.

Fasilitas lain yang ditawarkan LibraryThing adalah penulis dapat membuat laman mereka sendiri. Sesama pembaca juga dapat saling terhubung dan bertemua contohnya dalam acara buku lokal.

4. Book Riot

Book Riot salah satu situs review buku menjanjikan, yang memberikan akses pada review buku fiksi dan non fiksi, artikel, dan essay tentang buku dari berbagai genre. Sebagai tambahan, kita juga dapat mengakses informasi tentang diskon untuk buku digital atau ebook maupun buku cetak dari berbagai toko buku.

Kelebihan Book Riot dibanding situs lain adalah podcast, yang dapat didengarkan jika tidak ingin membaca review buku.

5. LoveReading

LoveReading jadi salah satu ‘gem’ untuk situs review buku, khususnya berisi konten berbahasa Inggris tetapi dapat diakses secara global. Sebagai salah satu situs review buku profesional, pada situs ini kita bisa mengakses review eBook dan Audiobook dari berbagai genre.

Kelebihan LoveReading adalah akses berbagai buku dan buku baru, pilihan staf mingguan, dan fitur daftar tahunan. Satu-satunya kelemahan LoveReading adalah terbatasnya ketersediaan ulasan tentang buku yang diterbitkan di luar Inggris.

6. Amazon

Siapa sih yang enggak kenal Amazon. Amazon ternyata juga salah satu situs review buku terpopuler. Mereka mengizinkan pembaca menggunakan rating 1-5 dan menerima tagar verifikasi setelah membeli buku, meningkatkan keautentikan review mereka. Sebagai tambahan, pembaca dapat terhubung satu sama lain dengan menambahkan komentar pada review yang lain dan berpeluang mendapatkan ranking tinggi jika review mereka disukai secara luas.

7. Booklist

Booklist sudah ada sejak 1905, dan kini merambah juga ke dunia online. Kita bisa melihat berbagai review dari buku cetak dan audiobook dari beragamg genre di Booklist.

Keuntungan menggunakan Booklist termasuk akses ke webinar dan banyak newsletter seperti Read Alert dan Booklandia. Satu satunya kelemahannya adalah tidak menyediakan forum untuk diskusi para pembaca untuk berbagi pengalaman membaca mereka.

8. Publishers Weekly

Sudah mendominasi dunia publikasi sejak 1872, Publisher Weekly adalah situs review buku romantis dan buku anak yang tertua. Selain review buku, situs ini juga menyedikan berita dari buku-buku yang baru terbit.

Kelebihan Publishes Weekly adalah akses pada industri buku yang terbaru. Kelemahannya adakah butuh biaya yang perlu dibayarkan untuk mendapatkan akses lengkap pada konten mereka.

9. NetGalley

NetGalley adalah salah satu situs review buku kesukaan pembaca dan penulis. Pembaca dapat melihat review buku, meminta cuplikan naskah dan menulis review buku pre-rilis dari banyak penulis. Pembaca juga dapat menemukan review beragam buku, rekomendasi buku, dan bagian ‘must-read’ dari buku.

10. Fantasy Book Review

Situs ini menawarkan beragam kategori buku, seperti urban fantasi, epic fantasy, fiksi, penyihir, kepahlawanan dan lain-lain.


Baca Review Buku Sebelum Beli Buku

Situs review buku yang dikunjungi bisa menunjukkan tipe pembaca juga. Beberapa orang suka dengan sistem rating yang mudah dipahami, yang lain lebih suka yang agak rumit dan ditulis oleh profesional.

Rekomendasi situs review buku di atas semuanya bisa dicek dan dibaca secara online. Tentu koleksi bukunya juga beragam, dan kebanyakan terbitan internasional. Jika ingin mencari review buku khusus berbahasa Indonesia, bisa cek Goodreads Indonesia. Ada banyak ragam genre buku dan penulis, dengan review dan ulasan menarik di sana. Selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.