Merencanakan Masa Depan dengan Aplikasi Investasi Terpercaya PINA

Beberapa tahun silam, kata ‘investasi’ benar-benar terasa asing buat saya. Seperti sesuatu yang sangat jauh dan tidak terjangkau sama sekali. Tapi, percaya atau tidak, pendemi ini membuat ‘investasi’ jadi terasa lebih dekat bagi saya. Justru pada situasi sulit seperti sekarang ini, saya berkenalan dengan investasi.

Sebenarnya, investasi bisa jadi salah satu cara untuk mencapai goal atau tujuan. Misalnya ingin punya rumah, mempersiapkan dana pensiun, pergi liburan, bahkan yang paling penting memiliki dana darurat. Harusnya investasi bukan jadi hal membingungkan lagi. Dan ya, investasi sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun juga.


Apa itu Investasi?

Investasi adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan. Nah, investasi ini ternyata berbeda dengan menabung ataupun melakukan trading. Sederhananya, investasi ini berarti menanam modal dalam jangka waktu tertentu. Memang sih, investasi memiliki risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan menabung. Tapi ini sebanding juga dengan ‘hasilnya’.

aplikasi investasi terpercaya

Apa bedanya dengan menabung? Jika dalam menabung hasilnya berupa bunga maka dalam investasi ada keuntungan yang diperoleh dari kegiatan investasi ini. Artinya, modal yang diinvestasikan akan bertambah jumlahnya seiring waktu.


Jenis-jenis Investasi

Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih oleh investor. Sebut saja reksadana, saham, deposito, properti, emas dan logam mulai. Di Indonesia sendiri, yang saat ini populer ada mata uang kripto hingga token.

Apakah dalam investasi pasti selalu langsung untung? Jawabannya belum tentu. Setiap jenis investasi ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Secara umum, jenis investasi dibagi menjadi dua, yakni high risk, high return dan low risk, low return.

High Risk, High Return

Seperti sebutannya, semakin tinggi risikonya maka makin besar juga keuntungan yang diperoleh. Jenis investasi ini contohnya adalah saham, reksadana saham, properti, dan mata uang kripto. Dengan nilai yang sangat fluktuatif, jenis investasi ini bisa memberikan keuntungan secara instan pun kerugiaan yang bisa tidak terduga. Sangat tidak disarankan bagi investor pemula.

Low Risk, Low Return

Jenis investasi ini cocok bagi investor pemula, lantaran risikonya yang cukup rendah. Efeknya, keuntungan yang diperoleh juga relatif kecil. Contoh investasi jenis ini adalah deposito, reksadana pasar yang, emas, dan obligasi. 


Memulai Investasi

Kapan sih harusnya mulai melakukan investasi? Ya sebaiknya secepat mungkin. Karena makin cepat, tentu akan semakin cepat juga tercapai tujuan dari investasi itu. Bagi yang baru memulai investasi, bisa lakukan beberapa tahap berikut:

Investasi sesuai tujuan penting dilakukan agar tahu jenis investasi apa yang cocok diambil. Contohnya, untuk investasi tujuan jangka pendek (dana darurat, pergi naik haji, liburan, dll), tujuan jangka menengah (membeli rumah, kendaraan, biaya menikah, dll) ataupun investasi tujuan jangka panjang (biaya pendidikan, dana pensiun, dll).

Perhitungkan waktu investasi jadi langkah berikutnya setelah tahu tujuan investasi. Artinya, bisa memperhitungkan banyaknya investasi, berapa waktunya hingga jumlah yang harus disisihkan tiap bulan.

Kenali profil risiko jadi langkah berikutnya dalam memulai investasi. Dengan memahami toleransi risiko investasi, maka investor diharapkan lebih bijak saat memilih jenis investasi.

Pelajari produk-produk investasi sangat perlu dilakukan sejak awal sebelum melakukan investasi. Tiap jenis investasi punya ciri khas, karakter hingga cara kerjanya masing-masing. Dengan mempelajarinya, maka bisa memilih jenis ivestasi paing cocok sesuai tujuan.

Mulai dari nominal kecil dulu wajib dilakukan terutama bagi investor pemula. Karena bagaimana pun, investasi tetap memiliki risiko. Mengenali risiko investasi dengan cara memulai dari yang kecil dulu, adalah cara bijak dalam investasi.

Pastikan keamanan dan terukur perkembangannya. Dua hal ini penting diketahui oleh investor. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan jasa pengelolaan investasi. Penting bagi investor untuk memilih aplikasi investasi terpercaya. Baik dari segi keamanannya maupun kemudahannya untuk bisa dipantau serta terukur perkembangannya.


Mengenal PINA, Aplikasi Investasi yang Bisa Diandalkan

Pertama kali membuka aplikasi PINA, yang paling menarik perhatian saya adalah gambar nanas atau peneapple kuning di laman depannya. Ya, jadi memang cocok ya kalau namanya PINA.

PINA adalah aplikasi perencanan keuangan yang dikelola oleh PT Trus Sekuritas. Yang menarik, aplikasi yang juga bisa digunakan sebagai aplikasi investasi terpercaya ini juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Ini sih yang paling membuat saya lega.

aplikasi perencanaan keuangan

Sebagai sebuah aplikasi, PINA menawarkan sejumlah fitur menarik. Mulai dari pencatatan keuangan hingga investasi. Awalnya saya melakukan pencatatan keuangan secara manual. Lama kelamaan saya pun mengalami sejumlah kesulitan. Saat tahu kalau PINA bisa menjadi aplikasi perencanaan keuangan yang praktis, saya pun beralih.

Tidak hanya perencanaan keuangan saja, PINA juga menawarkan kemudahan dalam investasi. Ya, investasi butuh aplikasi yang terpercaya tetapi juga praktis serta mudah digunakan. Selain itu, mudah juga dalam memantau perkembangannya. Dan ini semua sudah ada di PINA.


Fitur-Fitur di Aplikasi PINA

Sebagai sebuah aplikasi, PINA menawarkan sejumlah fitur menarik.PINA bisa digunakan sebagai aplikasi catatan keuangan pribadi yang sangat praktis dan efisien. Dan yang tidak kalah penting, tersedia juga fitur untuk melakukan investasi. Berikut beberapa fitur yang tersedia di PINA:

· Home

Ini adalah halaman yang pertama muncul saat masuk ke dalam apikasi. Ada profil kita di sebelah kanan atas. Selain itu, di halaman ini juga terdapat informasi notifikasi dan pencarian. Saat skrol ke bawah, maka tampak sejumlah informasi mengenai budget pengeluaran, goal keuangan, promo maupun tutorial. Dan terakhir, ada juga fitur konsultasi dengan Certified Finansial Planner.

· NetWorth

Fitur NetWorth terletak di sebelah kanan home. Di sini tersedia fitur catatan total aset, total liabilitas, akun finansial, catatan investasi dan jaminan hari tua. Fitur ini sangat membantu untuk mencatat kekayaan yang kita miliki, termasuk hutang.

· Save

Nah kalau fitur ini berisi tentang catatan keuangan kita. Fitur catatan keuangan ini sangat membantu kita dalam mencatat pemasukan lalu membuat rencana pengeluaran. Sangat praktis dan mudah digunakan. Catatan keuangan yang rapi ini nantinya akan sangat mempermudah pengguna yang juga ingin memanfaatkan PINA sebagai aplikasi budgeting.

· Invest

Di sebelah kanan fitur Save, ada fitur Invest. Seperti namanya, fitur ini yang disediakan sebagai aplikasi investasi terpercaya PINA. Seperti uraian di atas, jika sudah menentukan jenis investasi yang cocok, maka bisa langsung diaplikasikan pada fitur ini. Tersedia banyak jenis investasi lengkap dengan informasi peluang keuntungan yang didapat. Kita bebas memilih jenis investasi dan mengelolanya.

Semua administrasi terkait investasi tercatat dengan rapi. Bahkan saking praktis dan hemat waktunya, rekening investasi dapat diaktifkan dalam waktu tiga jam saja setelah seluruh data kita lengkap. Jadi, bisa memulai investasi segera, kapan pun dan di mana pun.

· Classroom

Fitur terakhir yang disediakan PINA adalah Classroom. Seperti namanya, fitur ini menyediakan banyak artikel tentang finansial, dari pengelolaan keuangan hingga investasi. Dari fitur ini kita juga bisa belajar banyak hal terlebih dahulu, sebelum menggunakan fitur-fitur lainnya.


Merencanakan Masa Depan dengan PINA

Saat pertama mendaftar di PINA, yang paling menarik bagi saya adalah PINA bisa menjadi aplikasi catatan keuangan pribadi yang ringkas dan praktis. Selain itu, untuk orang yang baru memulai investasi, PINA ini sangat praktis digunakan.

Aplikasi PINA bisa diunduh melalui App Store maupun Play Store. Saya kemudian melakukan registrasi sesuai prosedur yang diminta, seperti melengkapi identitas, verifikasi KTP hingga verifikasi wajah. Tidak perlu khawatir dengan keamanan data PINA ini, karena PINA sudah terdaftar OJK dan menggunakan menggunakan enkripsi data (Sectigo RSA Domain Validation Secure Server CA).

Sebenarnya, tujuan utama saya menggunakan aplikasi PINA ini adalah untuk investasi. Tapi rasanya akan kurang kalau tidak memanfaatkan fitur lainnya. Yang pertama saya coba, PINA sebagai aplikasi catatan keuangan pribadi. Saya memasukkan data pendapatan dan juga tanggal gajian. Di sini, bisa dimasukkan lebih dari satu sumber pendapatan.

Setelah mengisi sumber pendapatan, baru membuat rencana pengeluaran bulanan. Yang menarik, dari awal, PINA sudah memberikan saran agar pengeluaran tidak lebih dari 80% total pendapatan bulanan. Wow, ini sangat menarik. Untuk mempermudah, kita juga bisa mendaftarkan rekening bank, e-wallet, BPJS hingga investasi. Jadi, semua terdapat dalam satu aplikasi perencanaan keuangan dan akan mudah dipantau.

Sejak membuat catatan keuangan dan budgeting, saya sudah memasukkan jatah investasi. Nah ini saatnya memasukkannya dalam investasi. Saya masuk ke fitur invest. Di laman pertama fitur invest, terdapat data-data seperti total investasi, saldo RDN, goal atau tujan investasi, dan juga jenis investasi yang dipilih (saham atau reksadana).


aplikasi budgeting

Di bagian bawah sendiri bisa dipilih ‘buat goal keuangan kamu’. Pada laman berikutnya akan muncul pertanyaan ‘apa goal investasi kamu?’. Di bawahnya terdapat banyak pilihan tujuan investasi. Di sini, saya memilih mempersiapkan dana darurat yang saat di klik, akan membawa ke laman berikutnya. Di laman berikutnya, kita akan diminta mengisi total biaya yang ingin dicapai serta target waktunya, lalu klik lanjut.

aplikasi investasi terpercaya

Berikutnya muncul pertanyaan ‘apa profil risiko kamu?’ Di sini kita akan diarahkan untuk memilih profil risiko. Karena tujuan saya adalah dana darurat, maka saya disarankan mengambil profil risiko rendah dengan rekomendasi investasi pasar uang 100%. Profil risiko ini akan berbeda pada tiap orang, tergantung tujuan investasi yang dipilih.

Setelah klik lanjut, maka PINA akan memberikan detail rekomendasi investasi. Di sini berisi jumlah yang harus ditabung tiap bulan, keuntungan jika investasi di PINA, serta perbandingannya dengan menabung cara biasa.

aplikasi perencanaan keuangan

Nah terakhir, kita akan diarahkan pada laman yang berisi nama akun investasi, bank serta nomor rekening investasi kita. Untuk mengeceknya, kita juga akan diberi laman khusus berisi catatan jumlah dana yang sudah diinvestasikan, target serta keuntungan yang didapat. Pencatatan investasi ini sangat lengkap dan praktis sehingga kita benar-benar tahu perkembangan investasi yang kita lakukan.

Apakah hanya satu jenis investasi saja yang bisa dilakukan? Tentu tidak. Selain investasi dengan tujuan dana darurat, saya juga membuat goal investasi lainnya. Kali ini adalah investasi umum. Prosesnya hampir sama seperti proses pengaturan investasi dana darurat tadi. Hanya saja, pada profil risiko, kita diberi kebebasan untuk memilih. Apakah memilih jenis investasi risiko rendah, sedang, atau tinggi. Bahkan bisa memilih kombinasi lebih dari satu jenis investasi.


Penutup

Bagi saya, PINA benar-benar membantu dalam mengelola keuangan. Sebagai pencatatan keuangan  maupun sebagai aplikasi budgeting. Pengelolaan keuangan saya jadi lebih rapi dan tertata. Yang jelas, ini bisa jadi rem bagi saya, untuk lebih bijak mengelola keuangan.

Selain itu, PINA juga merupakan aplikasi investasi terpercaya yang bisa diandalkan. Rencana investasi seperti dana darurat dan investasi untuk tujuan tertentu pun dengan mudah dicatat. Tidak hanya catatan saja, tetapi juga sangat membantu memberikan masukan untuk mencapai goal yang ada.
 
aplikasi catatan keuangan pribadi
 
Pada akhirnya, tujuan akhir dari pengelolaan keuangan yang baik adalah kebebasan finansial. PINA bisa membantu untuk meraih tujuan keuangan yang kita inginkan dengan memberikan tambahan investasi berupa cashback up to 10 juta.

Caranya? Mudah saja. Kita hanya perlu membuat ‘goal’ keuangan di PINA Goal lalu rutin menabung setiap bulan selama satu tahun, maka PINA akan memberikan cashbak untuk kita. Yuk pelajari lebih lanjut mengenai cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA!

Terakhir, nikmati kemudahan dalam membuat catatan keuangan serta investasi bersama PINA, dengan unduh aplikasinya di Aplikasi PINA untuk iOS atau Aplikasi PINA untuk Android. Share juga pengalamanmu menggunakan aplikasi PINA di komen bawah ya. Sampai jumpa di tulisan lainnya.

17 komentar:

  1. Cocok banget untuk aku yg seringnya nyatet manual. Lebih praktis nih, Mbak pakai PINA emang.

    BalasHapus
  2. Aku mau coba download. Ada kode referral nya ga kak?

    BalasHapus
  3. Iya penasaran nih sama promo goal cashback dari Pina nya. Apalagi bakalna dapat modal usaha sampai puluhan juga ya. Lumayan banget kalau dapat

    BalasHapus
  4. Aplikasi yang memberikan kemudahan nih untuk mengelola keuangan. Jadi bisa lebih efektif untuk mengetahui alur keluar masuk uang

    BalasHapus
  5. Iya investasi itu dulu kata asing bgt. Bru beberapa th ke belakang terutama sejak pandemi kayaknya semua orang ngomongin investasi. Lengkap juga ya PINA fiturnya. Makin tau deh ttg invest dan ga takut lagi mau coba.

    BalasHapus
  6. Wahhhh penasaran, pengin cobaaa. Pas banget aku dan calon mau invest. Kayanya ini fiturnya lebih lengkap juga. Aku rekomen ke doi deh

    BalasHapus
  7. Nah adanya PINA bisa bantu buat rajin menabung maupun berinvestasi sih ini. Karena kelola keuangannya bisa lebih rapi

    BalasHapus
  8. Menarik ya ada aplikasi yang memberi edukasi soal perencanaan keuangan dan investasi. Jadi masyarakat makin paham dan gak terjebak investasi instan aka bodong.

    BalasHapus
  9. aku tadinya pakai spreadsheet mbak, setelah kenal PINA haduh ada yang lebih gampang ngapain yang manual XD

    BalasHapus
  10. Harus punya ilmu yang cukup ya buat ber investasi...terutama bagi saya yang masih awam

    BalasHapus
  11. Wah bisa jadi pengganti kertas coret2an saat bikin budgeting bulanan dong ya..

    BalasHapus
  12. Terima kasih infonya yang super lengkap. Ada keinginan untuk belajar investasi ini dengan low risk, low return

    Adanya aplikasi PINA jadi lebih mudah ya, Mbak

    BalasHapus
  13. Bagus dan lengkap ya aplikasi PINA ini ngga hanya dipakai untuk mencatat keuangan keluarga tapi bisa juga untuk investasi ya juga bisa untuk belajar di kelas keuangan yang diadakan PINA, lengkap dan praktis untuk belajar mengatur keuangan keluarga

    BalasHapus
  14. bener2 jadi tambahan ilmu yang penting soal investasi nih, Jadi tahu juga dengan Apk. PINA menarik juga nih...kapan2 perlu dipelajari lagi nih...

    BalasHapus
  15. Wah pencatatan keuangan jadi lebih mudah ya. Ditambah keunggulan investasi terencana, makin layak buat dicoba. Makasih ya Mbak Bening udah share PINA.

    BalasHapus
  16. Wah praktis bgt ya mba PINA ini mulai dari pencatatan keuangan sampai ragam investasi, fiturnya lumayan lengkap juga, sepertinya patut dicoba

    BalasHapus
  17. bagi orang-orang yang pernah gagal bayar, investasi seperti ini memang kadang membuat trauma, apalagi yg penghasilannya pas-pasan dan ga terlalu longgar ngatur uangnya. lalu jadinya balik ke investasi kuno seperti nyimpan LM. namun, sebagai alternatif mungkin layak dipertimbangkan karena fitur lainnya juga bermanfaat dan ada edukasinya juga. nice sharing mba...

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.