Ini Tempat Favoritku Menyimpan Buku, Kalau Kamu?

Koleksi buku yang makin bertambah mau tidak mau meminta perhatian lebih, terutama soal penyimpanan. Nggak asyik dong, bukunya makin banyak tapi penyimpanannya masih ala kadarnya. Ada orang yang koleksi bukunya cukup asal ada tempat penyimpanan saja. Tapi ada juga yang menggunakan koleksi bukunya juga sebagai pajangan. Faktor estetik di sini yang jadi dominan. 

rak buku
 
Nah, kalau kamu, tempat menyimpan buku favorit di mana nih?

Rak Buku

Tempat paling umum untuk menyimpan buku ya rak buku. Rak buku ini sendiri ada beragam bentuk, ukuran, dan juga warna. Tergantung mau diletakkan di mana. Pun ada juga yang bergabung dengan meja.

Seperti namanya, fungsi utama rak buku memang untuk menyimpan buku. Jadi, sudah ada batas-batas yang jelas untuk digunakan. Baik untuk buku ukuran besar, sedang hingga kecil. Rak buku biasanya digunakan untuk meletakkan buku secara berdiri. Meski kadang digunakan juga untuk buku yang direbahkan.

Meja Belajar

Selain rak buku, meja belajar juga biasa digunakan untuk meletakkan buku. Kadang, meja belajar juga bergabung dengan rak buku. Atau rak buku kecil diletakkan di atas meja belajar. Eits, meski namanya meja belajar, bukan berarti hanya digunakan oleh anak sekolah saja ya. Namanya saja yang meja belajar.

Karena memang fungsi utamanya bukan untuk menyimpan buku, maka kadang tidak ada spot khusus untuk menyimpan buku—kecuali yang bergabung dengan rak buku—. Paling umum, buku diletakkan dengan cara rebah atau ditumpuk. Bagaimana kalau ingin meletakkan buku dengan cara berdiri? Untuk buku tebal atau memiliki sampul tebal, ini tidak masalah. Tapi untuk buku yang lebih tipis biasanya dibantu dengan alat tambahan, seperti besi untuk rak buku.

Kolong Tempat Tidur

Ada yang menyimpan buku di kolong tempat tidur? Bagaimana keadaan bukumu, masih aman? Sebenarnya tidak masalah jika terpaksa harus menyimpan buku di kolong tempat tidur. Asal ada alas yang membatasi buku dengan lantai secara langsung. Pun kebersihan buku juga harus terjamin. Kan sayang, buku bagus tapi jadi rusak karena tempat penyimpanan yang tidak sesuai.

Biasanya sih yang menyimpan buku di kolong tempat tidur ini karena keterbatasan tempat penyimpanan, contohnya anak kos. Meski demikian, tetap pastikan bukumu dalam keadaan bersih dan tidak lembap ya.

Pojok Kamar

Tempat lain yang bisa digunakan untuk menyimpan buku adalah pojok kamar. Hmmm ... pojok kamar seperti apa ya? Kalau kamu memanfaatkan pojok kamar untuk menyimpan buku, seperti halnya kolong tempat tidur, pastikan tempatnya selalu bersih dan tidak lembap ya.

Kalau perlu, kamu bisa menambahkan alas untuk membatasi buku agar tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Atau kamu juga bisa menggunakan alat tambahan seperti meja kecil atau rak buku.

Tas Sekolah atau Tas Kerja

Eh, buku masih ada di tas sekolah atau tas kerja, malas ya? hmmm ... enggak bisa dikatakan begitu juga sih. Bagi sebagian orang, buku jadi salah satu barang yang wajib ada di dalam tas. Nah pada saat bepergian dan menunggu sesuatu, bisa dimanfaatkan dengan membaca buku. Jadi membiarkan buku tetap berada dalam tas bukan berarti malas ya. Cuma nih, karena tas kan terbatas, jadi biasanya hanya ada satu atau dua—jumlah terbatas—buku yang ada dalam tas.

Samping Ranjang/Dekat Bantal

Menyimpan buku di samping ranjang atau dekat bantal jadi kebiasaan bagi orang yang membaca sebelum tidur. Nah mereka meletakkan buku di tempat-tempat ini agar mudah dijangkau jika ingin membaca sebelum tidur. Kalau sudah capai, ya sudah tinggal letakkan saja kembali di tempat tadi. 

rak buku di hp
 
Nah itu beberapa tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan buku. Sebenarnya tidak ada tempat terbaik untuk menyimpan buku. Karena tempat terbaik menyimpan buku adalah dengan membaca dan menyimpan isinya di kepala, hehehe. Jadi, dari list di atas, ada nggak nih yang jadi tempat favoritmu menyimpan buku?



Ini Tempat Favoritku Menyimpan Buku, Kalau Kamu? Ini Tempat Favoritku Menyimpan Buku, Kalau Kamu? Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.