Target dan Tantangan Membaca Goodreads 2021

Sebenarnya tulisan ini lebih mirip curhat sih. Pertama kali ikut tantangan membaca Goodreads itu tahun 2016. Saat itu pasang target membaca 40 buku dan berhasil menyelesaikan 43 buku. Puas rasanya saat akhirnya bisa memenuhi target membaca. Nah tahun berikutnya, 2017 pun tergoda ikut tantangan membaca lagi, dengan target yang sama, 40 buku selama satu tahun. Sayangnya, target itu tidak tercapai. 

gambar logo goodreads


Masih penasaran dengan target yang terlupakan ini, tahun 2018, 2019, dan 2020 pun ikut tantangan membaca lagi. Belajar dari tahun sebelumnya yang sangat jauh dari target, akhirnya hanya buat target yang lebih sedikit. Dan makin sedikit dari tahun ke tahun. Eh ternyata masih belum tercapai juga. Duh, apa salahku ya? 

Nah di tahun 2021 ini, godaan untuk ikut membuat target membaca Goodreads pun muncul lagi. Empat kali gagal memenuhi target rasanya memalukan sekali. Kalau tahun ini pun gagal, ini benar-benar kelewatan rasanya. Jadi, untuk kali ini harus benar-benar dipersiapkan dengan baik nih. Oke, buat kamu yang punya pengalaman yang sama dan mau ikutan tantangan membaca Goodreads 2021, yuk ah kita evaluasi dan persiapkan dengan baik. 

Pasang Niat yang Betul 

Fix ya, tahun ini harus benar-benar meniatkan membaca. Bukan hanya sekadar untuk memenuhi tantangan membaca saja. Tapi juga untuk mengembalikan ritme menulis. Apa artinya menulis tanpa membaca lebih dulu. Mungkin gue akan lebih sering bicara pada diri sendiri untuk terus mengingatkan niat awal membaca. 

Buat Target yang Realistis 

Iya nih, saran satu ini penting banget. Kalau dulu, ada banyak buku yang bisa dibaca, jadi kalau buat target banyak pun enggak masalah. Kalau saat ini, dengan situasi berbeda, sepertinya akan sulit untuk membuat target banyak. Bukan berarti enggak mau menantang diri untuk kembali rajin membaca ya. Tapi tahu situasi dan kekuatan diri, baru menentukan target yang realistis. Kalau kelebihan kan enggak masalah, hehe 

Nah dari target tahunan itu, bisa dibagi juga menjadi target bulanan atau mingguan. Misalnya dalam satu tahun target 48 buku. Artinya ada target 4 buku tiap bulan. Dan akan selesai jika dibaca satu buku tiap pekan. Satu buku ini juga bisa dipecah-pecah lagi jumlah halamannya hingga diperoleh target membaca harian. Ayok ah, perlu banget dicoba nih. 

Pilih Buku yang Tepat Sesuai Selera 

Sebenarnya, pilihan buku yang sesuai selera ini sangat berpengaruh terhadap selesainya suatu buku dibaca. Tapi sejak aktif membuat review buku, sepertinya pilihan ini tidak jadi prioritas lagi. Ada kalanya harus tetap memaksa membaca demi menyelesaikan kewajiban sebelum membuat review. Hehe, dipaksa sih awalnya. Tapi kalau pemaksaan seperti ini—membaca—sepertinya akan memberikan efek baik. Jadi, ya enggak masalah deh. 


Cari Teman untuk Ikut Tantangan Membaca Goodreads Juga 

Nah kalau yang ini, mungkin enggak harus nyari di Goodreads juga sih. Bisa juga lewat media sosial lainnya. Jadi, ajak teman yang juga suka membaca untuk membaca bersama. Ada akun di IG yang mengkampanyekan OWOB, one week one book. Ide menarik banget nih. Kalau ada temannya pasti lebih semangat. 

Waktu Khusus Membaca 

Oke deh, saran satu ini akan diperhatikan benar. Membaca itu enggak harus menunggu waktu luang. Justru harus meluangkan waktu untuk membaca. Ini lebih tepatnya mengingatkan diri sendiri sih. Harus punya waktu khusus membaca. Enggak perlu banyak-banyak kayaknya ya. Bisa 15-30 menit tiap hari. Bisa kan ya? Bisa lah, harus bisa! Atau kalau enggak dalam bentuk waktu, bisa juga dalam bentuk jumlah halaman. Misalnya 5 lembar per hari. 


Catat Progres atau Kemajuan Membaca

Iyaaaa ... ini juga perlu dilakukan deh. Berhubung habis beli planner baru, sepertinya makin seru nih buat mencatat kemajuan membaca juga. 

Selain mencatat, bisa juga sih dengan memberikan reward atau penghargaan kalau target yang ditentukan telah tercapai. Siapa sih, yang enggak mau dikasih reward, hehe. Apalagi kalau rewardnya dari orang tersayang, cieeee

Baca juga Hadiah Sempurna untuk Pencinta Buku

Oke, sekali lagi tulisan ini lebih mirip curhat ya. Tips dan trik memenuhi target dan tantangan membaca Goodreads di atas lebih mirip pengingat untuk diri sendiri. Buat kamu yang merasa mau bergabung atau butuh teman untuk memenuhi target membaca tahun ini, hayuk atuh. Boleh hubungi ke email langsung ya bening.ip2389@gmail.com atau boleh juga langsung sapa gue di akun goodreads https://www.goodreads.com/author/show/17783455.Bening_Pertiwi

Target dan Tantangan Membaca Goodreads 2021 Target dan Tantangan Membaca Goodreads 2021 Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.