Alasan Resensi Buku Penting

Resensi buku atau review buku sebenarnya dua hal yang sama sekaligus berbeda. Ya, beda dikit lah. Tapi pada blog ini, aku menganggapnya setara alias nyaris sama. Bahkan dalam beberapa tulisan aku lebih suka menyebutkannya sebagai review buku alih-alih resensi buku.

kenapa perlu resensi buku

Nah, review buku itu apa sih? Review buku adalah ulasan tentang sebuah buku, isinya bisa ringkasan isi buku, pendapat serta penilaian terhadap suatu buku. Banyak media baik cetak maupun online yang menampilkan resensi buku pada salah satu rubriknya.


Alasan Perlu Resensi Buku

Informasi tentang isi buku bisa didapat dari mana saja. Salah satunya bagian belakang buku. Tapi, bagi yang ingin menggali lagi jauh bahkan menjadikannya bahan pertimbangan apakah akan membaca buku tersebut atau tidak, maka yang perlu dilihat adalah resensi buku atau review buku. Berikut beberapa alasan perlu resensi buku:

Sumber Informasi Isi Buku

Salah satu komponen utama resensi adalah identitas buku. Nah artinya, dengan membaca resensi atau review, kita akan mendapatkan informasi awal dari suatu buku. Resensi atau review buku bisa memberikan informasi tentang suatu buku untuk calon pembaca yang belum mengenal buku itu.

Selain itu, dalam resensi buku, calon pembaca juga bisa mendapatkan informasi mengenai isi, genre, tema, gaya kepenulisan bahkan penilaian pembuat resensi tentang si buku. Nah nantinya ini bisa jadi sumber informasi dan bahan pertimbangan sebelum membaca buku secara keseluruhan.

Cek Kualitas Buku

Pada umumnya, resensi atau review buku memuat opini si pembuat resensi terhadap suatu buku. Artinya, informasi ini bisa menjadi sumber penilaian terhadap kualitas isi buku. Ada beberapa aspek yang bisa jadi parameter kualitas buku, seperti cerita, karakter, bahasa, alur dan sebagainya. pembuat resensi juga biasanya memberikan gambaran tentang kelebihan serta kekurangan si buku tersebut.

Sumber Rekomendasi

Mau cari dan baca buku, tapi bingung memilihnya? Nah resensi memberikan informasi rekomendasi kepada calon pembaca. Dari membaca resensi, calon pembaca akan menemukan buku tersebut memiliki nilai berharga dan layak dibaca atau tidak. Beberapa penulis review buku bahkan kadang juga memberikan sejumlah buku berkaitan atau yang relevan untuk dibandingkan atau sebagai bahan bacaan lainnya.

Meningkatkan Minat Baca

Apakah setelah membaca resensi suatu buku jadi makin penasaran dengan buku itu? Artinya si penulis resensi berhasil memantik ketertarikan calon pembaca. Ini artinya, resensi bisa meningkatkan minat baca dari calon pembaca. Resensi menyediakan informasi tentang isi buku. Jika menarik, maka calon pembaca akan semakin berminat membaca buku secara keseluruhan.

Untuk Pengembangan Tulisan

Apakah resensi hanya bermanfaat untuk calon pembaca saja? Tentu tidak. Resensi juga bermanfaat bagi penulis serta penerbit.

Bagi penulis, resensi yang berisi ulasan atau penilaian akan bukunya akan membantu pengembangan tulisan bagi si penulis. Penulis akan mengetahui kelebihan dan kekurangan tulisan mereka. Ini bisa membantu mereka memperbaiki pada tulisan berikutnya.

Bagi penerbit, resensi juga bermanfaat. Salah satunya untuk mengetahui selera konsumen. Dari resensi yang berisi opini, penerbit akan tahu apakah buku yang mereka terbitkan disukai konsumen atau tidak. Lalu, ini jadi pertimbangan untuk menerbitkan buku selanjutnya. Apakah akan mengambil tema yang sama atau mencari hal lain yang berbeda dan baru.


Penutup

Resensi atau review buku itu penting, karena menjadi sumber informasi mengenai isi buku, menilai kualitas buku, memberikan rekomendasi pada calon pembaca, memantik minta baca dan menjadi sumber pengembangan penulisan bagi penulis buku sekaligus bermanfaat juga bagi penerbit. Oleh karena itu, resensi buku perlu dilakukan karena bisa jadi sumber informasi bagi calon pembaca, penulis maupun penerbit. Sampai jumpa di tulisan lainnya.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.