Kenapa Menjadi Book Blogger?

Pertanyaan ini harusnya ditanyakan sejak lama. Lebih tepatnya pada diri sendiri. Kenapa sih menjadi book blogger? Kenapa memilih tema buku? Dulu jawaban awalnya sih, karena hobby. Tapi makin kesini, ternyata bukan itu saja. Karena jadi book blogger sekalipun, yang harus membaca buku dulu, ada saatnya merasa bosan dan lelah. Tapi kok ya balik lagi ya.

book blogger

Book blogging atau blogger yang banyak mengulas tentang buku sebenarnya bukan hal baru. Sudah banyak blogger yang melakukan hal ini atau memilih niche buku untuk mengisi blognya. Ini adalah cara mereka untuk membagikan apa yang dipikirkan, terhadap buku yang dibaca. Blogger buku adalah orang yang membuat dan mengisi blog mereka tentang pengalaman menulis, termasuk review buku, tantangan membaca dan lain-lain. Lalu, apa sih sebenarnya kontribusi book blogger ini terhadap literasi?

Apa itu Book Blogger?

Book blogger adalah orang yang menulis tentang buku dan pengalaman mereka di blog. Blog seperti ini biasanya mencakup area yang luas terkait buku, termasuk review buku, list bacaan, wawancara penulis dan diskusi tentang literasi. Book blogger juga bisa berpartisipasi pada tantangan menulis lalu menuliskan perkembangan mereka dalam blog.

Book blogger biasanya berasal dari bermacam-macam latar belakang. Mereka bisa saja memiliki motivasi berbeda saat menulis di blog mereka. Sejumlah blogger juga sekaligus penulis, yang sengaja membuat blog untuk mengasah kemampuan membaca dan menulis mereka. Blogger yang lain adalah orang-orang yang mencintai buku dan memang suka membagikan isi pikirannya tentang buku yang dibaca.

Kenapa sih Book Blogger itu Penting?

Book blogger punya peran penting dalam komunitas literasi. Mereka memberikan penilaian dan rekomendasi pada penerbit, penulis, dan pembaca. Book blogger bisa juga membantu meramaikan promosi buku baru, yang sangat membantu dalam promosi dan penjualan sekaligus menarik lebih banyak pembaca ataupun fans.

Seorang book blogger bisa punya perspektif yang unik terkait pengalaman membaca mereka. Mereka bisa menyedikan sudut pandang dan pendapat melalui tulisan-tulisan mereka. Bahkan book blogger bisa menarik pengikut online melalui pendapat mereka dan mempengaruhi pembaca saat memilih buku bacaan.

Book blogger juga bisa jadi jembatan bagi orang-orang yang ingin terhubung atau berdiskusi tentang buku. Mereka bisa membentuk komunitas pembaca, sebagai tempat berbagi pendapat, menemukan buku baru atau bahkan menciptakan penulis.

Bagaimana Caranya Menjadi Book Blogger?

Menjadi book blogger sebenarnya bukan hal sulit. Yang pertama, harus punya kecintaan terhadap buku, membaca dan keinginan untuk membagikan apa yang mereka pikirkan tentang buku, pada orang lain. Berikut beberapa tahap menjadi seorang book blogger:

Pilih Platform Blogging 

Ada banyak platform menulis yang bisa digunakan untuk membuat blog. Contohnya saja wordpress, blogger, tumblr. Untuk platform ini, tidak hanya dibutuhkan kemampuan membuat isinya saja, tetapi juga mengelolanya. Tapi, kalau Anda ingin fokus menulis saja tanpa harus dipusingkan dengan pengelolaan platform, bisa juga menulis di media yang memberikan fasilitas blogging, seperti retizen, medium, kompasiana, dll.

Pilih Niche Paling Sesuai

Kalau dari awal memang ingin menjadi book blogger, ya fokus menulis tentang buku. Contohnya review buku, rekomendasi buku, tantangan membaca, bahkan wawancara penulis.

Kembangkan Blog

Tuliskan hal unik yang membuatmu berbeda dengan book blogger lainnya. Gaya penulisan yang unik bisa menunjukkan kepribadianmu dan ketertarikanmu pada buku tertentu.

Tarik Pembaca dan Lakukan Promosi

Tulisan yang bagus tidak akan menemukan pembacanya sekalipun jika tidak ada promosi. Sosial media bisa dimanfaatkan untuk membagikan tulisan dari blog dan berinteraksi dengan book blogger lainnya muaupun pembaca. Bahkan bisa juga ikut dalam tantangan membaca.

Konsisten Membuat Postingan

Tips terakhir yang wajib dilakukan adalah konsisten. Baik membuat postingan secara rutin, melakukan blog walking maupun berinteraksi dengan blogger atau pembaca. Postingan yang konsisten akan membuat pembaca kembali lagi ke blogmu.

Kesimpulan

Seorang book blogger punya peran penting dalam komunitas literasi. Mereka memberikan penilaian dan rekomendasi pada penerbit, penulis, dan pembaca. Menjadi seorang book blogger sebenarnya bukan hal sulit. Ini adalah hal luar biasa untuk membagikan isi pikiran dan ketertarikan tentang membaca pada orang lain. Jadi, kalau memang ingin jadi book blogger, yuk mulai dari sekarang.

(btw, ini tulisannya bukan gue banget ya. Berasa kaku gimanaaaa begitu. Padahal sudah direwrite lho, hehe)

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.