Aturan Meminjam Buku yang Wajib Kamu Tahu

Pinjam meminjam buku sebenarnya bukan hal yang baru. Mau pinjam secara luring maupun daring. Nah yang jadi masalah saat meminjam buku, eh kadang ada yang enggak dibalikin. Kan kesel banget tuh. Akhirnya mau meminjami lagi, ya pikir-pikir lah. Kan sayang, kalau buku yang dipinjam jadi rusak atau malah hilang.

Pinjam buku

Nah, biar enggak terjadi masalah, cek dulu aturan meminjam buku yang wajib kamu tahu berikut ini ya.

Izin Dulu Sebelum Pinjam

Sebelum meminjam buku teman, pastikan kamu mina izin dulu deh. Sebenarnya sih ini aturan dasar ya. Enggak hanya soal buku. Kalau memang mau meminjam barang apapun, ya izin dulu pada yang punya. Kalau kamu meminjamnya di perpustakaan, berarti kamu wajib punya kartu pinjam atau kartu anggota perpustakaan.

Setelah meminta izin, pastikan juga pemilik barang itu sudah memberikan izin. Kan kadang ada yang sudah minta izin, tapi ternyata si empunya enggak mengizinkan. Tentu ada alasan tertentu hingga si empunya tidak memberikan izin. Pahami dan hormati itu. Jangan maksa kalau memang tidak diizinkan ya.


Jangan Dicorat-coret

Aturan kedua saat meminjam buku adalah jangan membubuhkan coretan apapun. Iya sih, kadang kalau lagi asyik baca dan menemukan hal menarik, rasanya gatal ingin membubuhkan coretan di buku. Tapi ingat, kalau buku yang sedang dibaca itu buku pinjaman. Usahakan saat meminjam, buku dalam keadaan bersih, ya kembalikan dalam keadaan bersih pula seperti semula.

Eh iya, sekarang juga ada kok sticky note transparan. Jadi sticky note ini bisa ditempel di halaman buku, bahannya transparan. Jadi kalau kamu perlu membubuhkan coretan bisa nih di sticky note-nya. Dijamin buku tetap bersih cari coretan.

Jangan dilipat

Selain dilarang mencoret halaman buku, kamu juga harus tahu kalau halaman buku sebaiknya jangan dilipat. Beberapa orang melipat halaman buku sebagai penanda batas baca. Tapi ini punya risiko halaman buku jadi berbekas lipat bahkan rusak. Jadi, sebaiknya hindari ya. Kalau kamu perlu memberikan tanda batas baca, kamu bisa gunakan pembatas buku dari kertas, tiket bekas bioskop, uang kertas, atau benda tipis lainnya.

Eits, pembatas buku juga bisa menggunakan alat tulis seperti pensil atau pulpen. Tapi ini sebaiknya juga dihindari ya. Soalnya rawan bisa merusak binding buku. Kan sayang tuh, jadi berbekas.


Kembalikan Tepat Waktu

Sudah selesai membaca? Kembalikan dong bukunya dengan tepat waktu. Kalau pinjam di perpustakaan, biasanya ada batas waktu peminjaman. Nah usahakan kembalikan buku sesuai jadwal ya, jangan sampai terlambat. Eh, gimana dong kalau belum selesai dibaca? Kamu bisa bawa buku ke petugas perpustakaan dan meminta perpanjangan peminjaman. Jadi, tetap harus dikembalikan dulu ya.

Kembalikan buku

Kalau kamu pinjam buku pada teman, bukan berarti bisa seenaknya pinjam dalam waktu lama tanpa batas ya. Kalau sudah selesai, ya kembalikan. Mungkin saja kan si empunya buku membutuhkan buku itu. Atau ada orang lain yang juga perlu meminjam buku itu. Jadi, kembalikan tepat waktu.

Jangan Dipinjamkan Lagi

Saat kamu meminjam buku dan sudah selesai, jangan pernah meminjamkannya lagi pada orang lain. Loh buku yang kamu pinjam itu, adalah tanggungjawab kamu. Kalau memang ada orang lain yang hendak meminjam, maka kembalikan dulu pada si pemiliknya. Baru deh dipinjamkan lagi. Atau minimal, minta izin dulu pada si pemilik buku sebelum meminjamkannya lagi.

Jangan Diumpetin

Ada yang suka pinjam buku tapi ngakunya enggak pinjam? Hmmm ... ini bukan cara yang baik ya. kalau memang pinjam buku, ya akui kalau pinjam. Rawat buku itu dan kembalikan jika sudah selesai. Jangan sampai buku pinjaman diumpetin dan jadi masalah di kemudian hari.


Jangan Ngilang Kalau Ditagih

Nah ini yang enggak kalah penting. Pada saat batas waktu peminjaman sudah habis atau si pemilik buku menginginkan bukunya kembali, ya kembalikan dong. Jangan malah menghilang kalau ditagih. Serius, ini yang paling sering bikin kesel dan males minjemin buku. Kalau memang meminjam, ya tangungjawab dong, jangan seenaknya.

Baca buku di perpus

Oke, itu tadi aturan meminjam buku yang wajib kamu tahu. Yang jelas, meminjam benda apapun, bukan hanya buku, tetap harus tanggungjawab. Jangan sampai yang minjemin jadi bete karena sudah minjemin, tapi malah enggak dirawat. Semoga bermanfaat.
Aturan Meminjam Buku yang Wajib Kamu Tahu Aturan Meminjam Buku yang Wajib Kamu Tahu Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.