Jalan-jalan -- Edisi kangen Sekolah part Kesekian



Lebaran kali ini berbeda, jelas. Dan jelas juga ada satu kegiatan yang gue lewatkan. Yup, kalau pas mudik, biasanya gue selalu menyempatkan untuk sekadar berhenti sejenak bahkan mampir ke SMA, ngikut Sholat dan istirahat. Nah, berhubung tahun ini enggak mudik, jadi apa daya nggak bisa kemana-mana. Apalagi sekadar mampir SMA.

Tapi, yang namanya kangen mah kangen aja. Akhrinya jalan-jalan online, melihat SMA dari masa ke masa. Nggak jauh-jauh sih sebenarnya, hanya mundur beberapa tahun ke belakang. Oh iya, sebagian gambar ini diambil dari koleksi lama pribadi gue juga, di acara nengokin sekolah.

gambar gerbang lama SMA
gerbang lama SMA

Ini foto dari koleksi gue dua tahun silam. Gerbang lama sudah tidak digunakan sebagai pintu masuk area sekolah, kecuali situasi tertentu saja. Bertahun silam, gerbang ini yang selalu menyambut gue tiap pagi. Enam empat lima, gerbang ini sudah ditutup oleh pak satpam. Dan bisa dipastikan ada beberapa orang yang terpaksa berdiri di depan gerbang sampai gerbang dibuka kembali pada jam pelajaran kedua. Itu pun harus mampir dulu ke ruang BK, hehe

kolam GANESHA
kolam dan patung Ganesha

Dari gerbang lama, lurus masuk bakal langsung kelihatan kolam dengan patung ganesha di atasnya. Iyes, kolam ini dikenal sebagai kolam ganesha. Dulu mah nggak ada ikannya, nggak tahu sekarang. Dan kolam ini biasanya dipakai anak-anak untuk mengerjai temannya yang ultah. Atau ... memberikan hukuman/surprise setelah kegiatan OSIS atau kegiatan ekstra lainnya. Namanya kolam Ganesha, jelas karena ada patung Ganesha di tengahnya. Patung ini adalah simbol dewa ilmu pengetahuan yang juga digunakan di badge yang digunakan di seragam.

Lanjut ke area lebih dalam.

area depan perpustakaan
area depan perpustakaan

Perpustakaan sekolah, salah satu tempat nongkrong paling asyik. Letaknya yang di tengah-tengah sekolah, membuatnya jadi tempat strategis yang dilewati kalau mau kemana pun. Enaknya perpus itu ... tempatnya adem, terutama di lantai dua. Adem euy buat tidor #ups. Ada komputer yang boleh dipake, meski gantian sih saat itu. Koleksi bukunya lumayan lengkap. Majalah, koran sampai novelnya banyak. Nggak perlu bayar buat sewa novel, asal jangan telat ngembaliin aja. Bakalan kena denda itu. Dan yang pasti, petugas perpus yang super ramah serta akrab sama anak-anak. Oh iya, perpus gue ini juga seru loh, beberapa bulan sekali, perpus mengadakan vote buku-buku apa yang perlu dibeli untuk melengkapi koleksinya. Nah, jadi bisa rekues buku dong.

Halaman depan perpus duluuuu pas gue pertama masuk full rumput. Iya, rumput sehalaman yang tebal dan empuk, serta adem karena dinaungi beberapa pohon di sekitarnya. Halaman ini dulunya sering digunakan untuk latihan anak-anak teater. Kan enak tuh, mau jungkir balik gimana pun, nggak akan sakit. Tapi dalam gambar, halaman perpus sudah berubah diberi paving bolong. Meski memang tetap diisi dengan rumput di sela-sela paving, tapi nggak akan seempuk dulu lagi.

depan deretan kelas 10 pada suatu masa
depan deretan kelas 10 pada suatu masa
 
Yang terakhir, depan teras deretan kelas 10. Di masa gue dulu, deretan belakang itu untuk kelas 10. Tapi sayangnya, gue jarang lewat jalan ini, soalnya kelas gue ada di ujung. Dengan bentuk jalan semen dan area terbuka di tengahnya yang diisi tanaman, jalan ini nggak Cuma enak dipandang tapi juga tetap nyaman digunakan.

Begitu, sekilas tentang sekolah dan suasananya yang gue kangenin. Agak susah nih nyari foto-foto lama. Sekarang sekolah sudah banyak berubah. Tapi bagi gue, SMANSA tetap jadi tempat yang bikin kangen semuanya. Semoga habis ini gue nemu foto-foto sekolah lebih banyak lagi, amiiin

Sampai jumpa di postingan lainnya.
Jalan-jalan -- Edisi kangen Sekolah part Kesekian Jalan-jalan -- Edisi kangen Sekolah part Kesekian Reviewed by Bening Pertiwi on Juni 05, 2020 Rating: 5

4 komentar:

  1. Penataannya lingkungan sekolahnya bagus, Na. Tempatnya lega, hijau lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, iya lumayan lega. dulunya malah lebih banyak lagi pohon, sekarang udah banyak berkurang. foto di atas itu beberapa tahun yang lalu. hehehe

      Hapus
  2. btw, gimana kbr tiwi yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lama Na juga nggak tahu kabarnya tiwi. sejak HP rusak tahun lalu dan nomernya ilang juga, tiwi nggak pernah hubungi duluan. jadi bener2 gak tau kabarnya, huhuhu. semoga dia baik2 aja deh dimanapun sekarang. hira juga

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.