Welcome to (another) jungle

Happy b-day to me. Nggak ada yang spesial sih. Cuma pengen nulis gini aja. Welcome to (another) jungle, dear me. Selamat datang di angka baru yang tidak bisa kembali. Tsaaaaah

Ngomongin soal ulang tahun, beda banget dong ultah zaman masih zahiliyah muda abege dulu sama zaman sekarang. Iya lah. zaman dulu masih banyak yang inget, ngasih ucapan dan ngasih surprise/kado. Lah sekarang? Ada yang inget aja udah syukur.

 
Bukan berarti pengen dirayain juga sih. Karena ternyata dengan bertambahnya usia, ternyata bergeser juga prioritas dalam kehidupan. Ultah menjadi bukan hal penting lagi untuk diingat atau dirayakan. Karena ternyata, hari itu sama seperti hari-hari yang lain kok. Nggak ada yang istimewa. Jalani hari seperti biasa. Udah gitu aja.

Tapi hari ultah juga bisa jadi penanda lho. Siapa saja yang pada akhirnya akan tetap dan terus berada di samping kita. Membersamai kita. Menggenggam tangan kita. Dan bahkan mengulurkan tangan pada saat kita terjatuh untuk kemudian menarik untuk bangkit lagi.

Pada akhirnya, lingkaran pertemanan makin kecil. Lingkungan pergaulan makin terbatas. Jika dulunya menjadi kawan tidak butuh alasan, kini harus ada alasan dulu untuk jadi kawan. Kesibukan dunia pekerjaan hingga keluarga ternyata memersempit ruang gerak. Tidak bisa lagi bebas sekadar menyapa atau mengobrol hal-hal remeh dan tidak penting. Dan itu artinya, harus siap dengan pelbagai rutinitas serta wajah yang sama dalam jangka waktu panjang.

Hingga pada akhirnya, semua bersumber kembali pada ‘komitmen’. Komitmen untuk apapun. Komitmen dalam hubungan, pekerjaan hingga yang lainnya.

Dilupakan dan melupakan. Dan siapa yang kuat, dialah yang akan bertahan. Jika memang tidak ingin dilupakan, maka perlu melakukan sesuatu atau menghasilkan sesuatu yang menjadi alasan bagi orang lain untuk tidak melupakan kita.

Dan seperti itulah siklus kehidupan terus berlanjut. Ulang tahun atau tidak, dunia tetap akan terus berjalan. Ingat atau tidak, ada yang memberikan ucapan atau tidak, waktu tidak menunggu kita untuk sekadar berhenti sejenak menikmati semua ucapan itu. Karena ternyata, ulang tahun pada akhirnya hanya sebuah situasi yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Sebuah budaya yang diciptakan manusia, untuk diingat kemudian dilupakan. Mau diingat atau dilupakan, mau dirayakan atau diabaikan, semua menjadi pilihan manusia itu sendiri.

Selamat ulang tahun untuk diri sendiri ^_^
Welcome to (another) jungle Welcome to (another) jungle Reviewed by Bening Pertiwi on Februari 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.