Nurul Huda, Masjid Kampus

Namanya masjid kampus. Fungsinya masjid kampus. Tapi lebih dikenal sebagai NH, dari kata Nurul Huda, nama masjid ini. Letaknya ada di dekat gerbang belakang kampus, persis di sisi jalan utama belakang kampus. Berdiri kokoh di antara rimbun hijau pepohonan, menaranya menegaskan keagungan yang dipancarkannya.

foto : koleksi pribadi

Kok jadi kaku banget gini ya?

Masjid ini sudah mengalami perubahan luar biasa dibanding saat dulu zaman saya jadi mahasiswa baru. Jelas beda jauh, sudah bertahun-tahun-tahun silam. Desainnya kini benar-benar luar biasa baru dan megah. Tapi bukan itu poin utama tulisan ini.

NH selalu punya cerita untuk sebagian besar anak kampus, terutama yang muslim. Bukan Cuma sebagai tempat melakukan kewajiban apel lima kali sehari. Tapi juga jadi tempat : janjian temu, mengerjakan tugas, diskusi, menikmati wifi kampus, rapat organisasi, hingga numpang mandi saat air di kos kering. Eits ... bukan area utamanya ya. Tapi area terasnya yang nggak kalah sejuk dengan area utamanya.

Setidaknya itu pengalaman saya.

Kalaupun hanya sekadar numpang duduk, menikmati sejuknya lantai masjid dan dinginnya udara di sekitar, ternyata bisa juga memberikan efek ‘healing’, menyembuhkan. Duduklah saja di teras atau serambinya. Melihat orang-orang lalu lalang. Memerhatikan setiap hal yang mereka lakukan. Dari shalat, menekuri baris demi baris kitab suci, sekadar numpang berburu listrik karena baterai ponsel sekarat, diskusi, mengerjakan tugas atau apapun. Semuanya sudah cukup menenangkan.

Entah sih. Tapi efek healing-nya memang luar biasa. Cuma duduk saja, hati jadi adem dan nyaman. Pikiran jadi lebih jernih. Masalah yang ruwet pun pelan-pelan bisa diuraikan dengan mudah. Hanya duduk saja. Jelas efeknya akan makin terasa kalau dilanjutkan juga dengan dua rakaat dhuha atau menekuri baris-baris Quran.

Setidaknya, itu alasan yang membuat tempat ini selalu punya magnetnya tersendiri. Yang membuat siapapun ingin kembali dan datang lagi.


Nurul Huda, Masjid Kampus Nurul Huda, Masjid Kampus Reviewed by Bening Pertiwi on Mei 12, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.