Masih Saja Jambusari, Bertahun Silam

Kalau dihitung sejak 2002, artinya sudah 14 tahun berlalu. Ya ampun ... ketahuan dong, berapa usia gue jadinya? Hahaha. Harusnya ini kisah sedih. Tapi nggak tahu kenapa gue masih saja terus mengingatnya.

Entah peringatan keberapa yang gue lakukan, dan masih saja terus gue lakukan. 14-17 Maret 2002, dan kini sudah 2016

gapura selamat datang Kabupaten Cilacap di depan bumi perkemahan Jambusari, Jeruklegi
 
Desember kemarin, sekeluarga sempat main ke Cilacap. Otomatis melewati tempat ini lagi, bumi perkemahan Jambusari, kec.Jeruklegi. Waktu pulangnya sempat berhenti dan mampir sebentar. Banyak yang sudah berubah. Tidak hanya taman cantik di pinggir jalan, tapi area bumi perkemahan yang sudah berubah bentuk sama sekali.

Dulu tempat itu adalah sebuah tempat lapang berbukit dengan danau di tengahnya. Area kemah putra dan putri terpisah oleh danau itu. Tapi sekarang area kemah dan danau itu sudah berubah bentuk jadi persawahan yang cukup luas.

Sedih? Jelas. Tempat penuh kenangan itu sudah tidak ada. Dan ada satu bangunan baru di pojok buper. Ternyata sebuah kantor. Dan yang jelas, tempat itu sudah difungsikan sebagai bumi perkemahan lagi. Entahlah.

Di dekat pintu masuk buper yang lain, masih ada pendopo seperti yang lama. Tapi nggak tahu seperti apa sekarang pastinya, karena nggak mampir ke sana. Entah masih digunakan atau tidak. Atau entah difungsikan untuk apa.

Jujur, nggak ngerti juga kenapa sampai sekarang gue masih saja terus mengingat dan mengenang peristiwa sedih di Jambusari itu. Rasanya ada sesuatu yang tidak selesai. Rasanya masih ada hal yang harus dikatakan dan diungkapkan. Tapi entah apa.

Sekarang, dua di antara kami, sudah berpulang pada-Nya. Usia seseorang tidak ada yang tahu, bukan?

Meski begitu, kenangan tentang kemah di Jambusari ini akan tetap abadi dalam ingatan. Apa kabar kalian teman-teman? Masih ingatkah kalian dengan hari-hari itu dan hari-hari setelahnya? Semoga kalian baik-baik saja.


Masih Saja Jambusari, Bertahun Silam Masih Saja Jambusari, Bertahun Silam Reviewed by Bening Pertiwi on Maret 16, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.