30 Days Blog Challenge (Day 13) – Kenapa Gue Suka ngeBlog?

Hari ketigabelas tantangan #30DaysBlogChallenge. Apa yang gue suka dari ngeBlog? Banyak, banyak banget. Segala hal yang gue sukai dari ngeBlog? Banyakkkk.

Gue suka ngeBlog karena blog itu meringankan isi pikiran. Mungkin seperti diary, tapi bisa dinikmati dan dibaca banyak orang. Meski jelas, nggak semua hal—yang memang nggak pantas—diceritakan lewat blog dan dibaca banyak orang. Tapi—seperti pernah gue tulis juga di banyak postingan sebelumnya—blog bagi gue itu … seperti meletakkan sebagian pikiran, dan mengurangi beban di kepala. 

Ada kalanya, Blog juga jadi tempat Berbagi. Ada banyak informasi yang gue dapet dari blog temen-temen, jadi nggak ada salahnya kan ya, kalau gue juga melakukan hal yang sama. Berbagi informasi. Atau kadang gue juga suka membahas hal yang gue sukai, drama dan film.
Kalau berbagi, tentu nggak cukup hanya sekali kan? Bagi gue, blog itu juga salah satu cara untuk membuat arsip tulisan. Selama blog masih bisa diakses, maka tulisan yang pernah gue posting pasti masih ada. Kadang suka mikir gini, “wah, ternyata tulisan gue udah banyak juga ya. Setelah bertahun ngeBlog.”
ngeBlog dan blogwalking—ini masih jarang gue lakukan—membuat kesempatan mengenal berbagai tulisan dan orang—lewat tulisannya—. Dan itu menyenangkan. Gue belajar banyak hal dari mereka. Dan tanpa sadar, mereka yang membaca blog gue, atau mereka yang blog-nya gue baca, menjadi teman sesama blogger. Intinya sih, ngeBlog itu nambah temen. Nggak jarang, tatap muka langsung memang hal yang sulit dilakukan. Tapi, blog membuat gue terhubung dengan banyak orang, bahkan dari tempat yang belum pernah gue kenal atau gue ketahui sebelumnya.
Ehm … tapi, teman sesama blogger tentu baru bisa terwujud kalau ada yang baca ya. pada saat memasukkan kata kunci di search engine dan menemukan kalau nama blog gue ada di deratan atas itu rasanya … bahagia. Itu artinya, blog gue dibaca, dikunjungi ulang dan dicari. Ehm berarti bermanfaat donk ya. Semoga.
Dari sekian banyak orang yang mampir ke blog, maka mungkin hanya hitungan jari yang mau meluangkan waktu untuk menuliskan komentar di kolom komentar. Mungkin, gue juga demikian. Tidak bisa selalu jalan-jalan dan meninggalkan jejak komentar di blog temen-temen. Tapi, mendapatkan komentar atas tulisan yang gue buat, itu pun sudah jadi kado istimewa. Entah saran ataupun kritik, gue tetep suka lho.

Kalau search engine jadi salah satu cara tahu seberapa populer blog, maka deretan site stat yang semakin tinggi juga jadi salah satu cara bahagia yang lain. Siapa yang nggak seneng coba, saat tahu deretan tulisannya banyak dikunjungi. Blog-nya banyak dilihat, aiiiih
Kalau blog Cuma isi tulisan, mungkin di awal gue bisa terima. Tapi, yang namanya jualan, tentu orang juga akan melihat bungkus atau kulitnya. Itulah yang gue suka dari blog, pada saat gue bisa bongkar pasang theme dan belajar html. Meski masih amatir, dan hanya menggunakan tutorial yang gue dapet dari inet. Atau dengan bantuan sobat gue yang sudah lebih mahir urusan bahasa pemrograman, gue suka melihat tampilan blog gue. Dari tampilan lucu, unyu, bahkan sekarang memasang tampilan yang punya tujuan. Bagi gue, tampilan yang menarik itu bukan tampilan blog dengan latar belakang rame dan efek kursor dan sejumlah plug-in. Tapi, blog yang akan dikunjungi lagi adalah blog yang tampilannya simple tapi elegan, dan mudah diakses tanpa terlalu banyak dan terlalu berat plug-in. Dan ini yang masih terus gue pelajari dan usahakan. 

Terakhir, yang gue suka tentang blog adalah Bisa punya uang saku tambahan.  Ini cita-cita gue sejak lama. Meski haru berseok-seok, menunggu berbulan bahkan bertahun. Dan hasilnya belum seberapa, tapi gue menyakini satu hal ini. Pernah sekali mendapatkan hasilnya—meski belum banyak—dan langsung gue habiskan, hehehe. Dasar! Berganti macam tampilan dan cara untuk bisa mendapatkan uang dari blog. Berkali bongkar pasang tulisan, demi bisa membujuk dedengkot iklan, Google Adsense. Dan akhirnya, gue pun harus minta bantuan sobat gue yang sudah lebih ahli bidang satu ini. Hasilnya? Mungkin belum secepat blog model berita atau yang isinya iklan semua. Tapi, sedikit yang bertahap ini justru memberikan gue harapan. Ya, anggap aja investasi jangka panjang.
Oh ya, hari ini gue akan sedikit banyak kegiatan. Masih berpikir untuk kembali mampir ke bookfair. Ada buku yang tadi sudah ‘ngawe-awe’ minta dibeli, hehehe
Tulisan ini diikutsertakan dalam #30DaysBlogChallenge yang diadakan oleh #PelangiDrama
30 Days Blog Challenge (Day 13) – Kenapa Gue Suka ngeBlog? 30 Days Blog Challenge (Day 13) – Kenapa Gue Suka ngeBlog? Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

4 komentar:

  1. klo yg ini memang blognya penulis banget ^^
    kyknya sibuk banget to? dah kelar t***s-nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha
      tapi kayaknya masih sibukan hira deh ya #hayoUdahRehatBelom

      udah kelar, udah wis-udah juga
      hahahaha

      Hapus
  2. Emp, 'investasi jangka panjang.'...?
    SEPAKAT!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, meski prosesnya harus berdarah-darah dulu
      hahahaha

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.