Story - Jenis Pekerjaan ala Pengangguran

Story - Jenis Pekerjaan ala Pengangguran
Gue lebih suka menyebutnya begitu, pekerjaan ala pengangguran. Ya, mereka ini sebenarnya bekerja, tetapi orang-orang di sekitarnya berpikir kalau mereka pengangguran. Dan yang lebih parah, pengangguran yang hanya suka main laptop dan gadget terus. Arrrggghhh!!! Tapi, tipikal mereka ini biasanya cenderung cuek sih. Penampilan ala kadarnya, tapi jangan salah … rekeningnya berderet loh, hahahaha

Ok, jenis pekerjaan ini emang sering dianggap pengangguran. Soalnya nggak keliatan kayak orang kerja pada umumnya. Berangkat jam tujuh, pulang jam lima. Bahkan mungkin sebagian dari mereka bangun jam 11 siang. Tapi ada kalanya, saat orang umum bekerja, mereka ini justru tidur. Sebaliknya, saat orang istirahat-lah mereka ini mulai bekerja. Eits, jangan negative thinking dulu loh ya


1.        Pedagang online model dropship
Yep. Model satu ini emang lagi ngetren belakangan. Soalnya semua orang dapat dengan gampang melakukannya. Cuma modal gadget, situs jual beli gratis bertebaran, tinggal pilih. Pedagang jenis ini ada yang juga produsen. Artinya mereka prduksi sekaligus memasarkannya. Bisa juga belanja lalu menjualnya kembali. Kalau yang begini sih, modal lah ya.
Kalau dropship, modal dan resiko jauh lebih kecil. Mereka Cuma terima pesanan, terus dropship deh sama produsen atau penyedia barang. Jadi mereka nggak punya barang sendiri, nggak bungkus sendiri, n nggak kirim sendiri. Semua diurus orang lain. Enteng kan, gampang kan?
Nah karena gampangnya inilah, banyak yang berpikir kalau penjual model ini pengangguran. Dia Cuma modal gadget doank. Sementara kamarnya selalu rapi, nggak ada paketan barang bertebaran atau apel rutin dengan jasa kirim barang.
Ehm, disini gue nggak akan bahas kekurangan atau kelebihannya ya. Jadi nggak usah dibahas juga

2.        Web desainer, web programmer dan kawan-kawan mereka
Tiap hari kerjaannya di depan leptop terus. Sampai tu muka mirip leptop deh. Ini jenis pekerjaan yang butuh keahlian loh. Keahlian baik dari pendidikan atau iseng otak-atik. Pekerjaan jenis ini sudah terbukti banyak menghasilkan loh. Cuma modal laptop doank. Asyik kan? Dan lagi-lagi, mereka sering dianggap pengangguran parah. Kalau pas bangun, pegangannya leptop. Kalau capek tidur. Ya itu, bolak balik, tidur-leptop-tidur-leptop.
Kalau yang nggak ngerti, pas liat leptopnya isinya Cuma angka dan symbol-simbol nggak jelas, kekeke Dan apa yang mereka pikirkan kadang nggak bisa ditebak. Hah? Maksudnya, saking complicated dan unik, serta kreatif gitu.

3.        Owner webstite, SEO programmer, founding site dan kawan-kawannya
Nah kalau yang ini bos sejati. Mereka punya website, pekerjaan orang buat ngisi kontennya. Terus mereka ini tinggal mainan SEO dan otak-atik iklan. Kadang sih, kadang mereka mainan coding-coding juga. Entahlah apa yang mereka mainkan. Yang jelas, rekening mereka berderet dengan manis. Rupiah mah lewat. Dolar berooo …
Mereka tinggal pantengin tu website, pantengin keyword yang lagi nge-trend apaan, dan mainkan SEO-nya. Mereka ini deretan para suhu biasanya. Tinggal duduk manis di rumahnya, atau online dimana pun, beres lah. Bisa dibilang, mereka ini kasta paling tinggi diantara pekerjaan yang ada disini.

4.        Content writer, free writer, dan sahabat-sahabat mereka.
Bisa dibilang mereka ini adalah kasta terendah di jagad onlen. Eits, bukan merarti merendahkan loh ya. Ibarat anak sekolah, mereka masih masa MOS, kalau anak kuliahan mereka masih OSPEK. Biasanya mereka inilah calon-calon pekerjaan nomer 3 dan 2.  Mereka biasanya masih masa training di bawah para suhu.
Jangan salah, mereka ini orang-orang jenius dan kreatif loh. Mereka bisa berburu tulisan dari berbagai penjuru, pojok, lorong bahkan lipetan dumay dan meramunya serta menuangkan lagi jadi makanan eh maksudnya tulisan baru yang kres dan renyah. Tinggal bumbuin sedikit lagi dengan keyword yang lagi nge-trend dan ditambah judul yang ok, artikel siap UP, dan uang pun masuk.
Selain owner, mereka inilah yang biasanya akrab sama yang namanya keyword. Keahlian mereka ini ada tiga. Pertama keahlian berburu dan meramu sumber tulisan. Dari yang nyempil-nyempil sampai yang nyaris nggak keliatan, dengan senjata bernama keyword. Kadang bahkan mereka ini harus nyari sumber lintas bidang. Jadi mereka bener-bener cerdas dan berwawasan luas. Ya secara, makanan sehari-harinya artikel n berita. Kedua, keahlian mengacak-acak lalu menyusun kembali sumber menjadi tulisan baru yang ‘baru’, kres dan renyah, aiiihhh … bak makanan pulak. Ketiga, keahlian ‘menembak’ judul. Dengan modal senjata keyword, mereka harus bisa membuat judul yang top sehingga masuk top list keyword.
Biasanya mereka ini dibayar per artikel. Jadi tiap artikel yang mereka buat, dari inilah mereka dibayar. Kalau berapa-nya sih beragam ya. Kalau kebetulan ketemu owner yang baik dan website-nya udah mak-nyos biasanya ya dapetnya lumayan. Tapi kalau masih website baru ya, mungkin belom banyak. Ya dinikmati aja lah.

Itulah empat pekerjaan yang menurut sebagian orang adalah pekerjaan pengangguran. Tapi … pengangguran berduit beroooh. Meski dibilang pengangguran, tapi mereka biasa cuek aja sih. Biarlah anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu.
Apa kalian salah satunya? Kalau gue … hehehe. Gue salah satunya. Tu kan, gue udah ngaku. Nggak usah dilanjutkan tebak-tebakannya, gue nggak akan kasih tauuuu. Meski keliatan pengangguran, gue tetep suka pekerjaan ini. Meski ya … mungkin nggak semua orang bisa mengerti pekerjaan ini, biarlah. Jelaskan pada mereka pelan-pelan aja, nanti juga lama-lama ngerti. Yang penting kan pekerjaan ini nggak ganggu orang lain, nggak merugikan orang lain dan nggak minta doku orang lain. Kita bekerja buat diri sendiri.
Ok deh, itu top list pekerjaan yang menurut gue sering dianggap pengangguran. Gue buat tulisan ini bukan bermaksud menghina loh ya. Gue Cuma mau berbagi aja. Kalau ada yang setuju, boleh komen di bawah. Mau kasih tambahan masukan juga boleh. Kalau yg nggak setuju, woles aja beroooh. Silahkan skip kalau nggak suka
Hmmm … mati lampu nih, enaknya ngapain ya?

Story - Jenis Pekerjaan ala Pengangguran Story - Jenis Pekerjaan ala Pengangguran Reviewed by Bening Pertiwi on November 08, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.